Mengenal Apa Itu Gadhul Bashar


Menurut bahasa, gadhul bashar (غَضُّ البَصَرِ) memiliki beberapa arti yaitu menahan, mengurangi atau menundukkan pandangan.

Adapun secara istilah, gadhul bashar adalah menahan pandangan dari hal-hal yang diharamkan oleh Allah SWT.

Para ulama tafsir, antara lain Ibnu Katsir, menyebutkan bahwa gadhul bashar bertujuan agar manusia tidak mengumbar penglihatan, tidak 'menikmati' pandangan terhadap perempuan atau laki-laki lain atau perhiasannya yang dapat menimbulkan fitnah bagi laki-laki atau perempuan yang memandangnya.


Dalam surah An-Nur, Allah memerintah laki-laki dan perempuan untuk ghadlul bashar alias menjaga pandangan dari perkara-perkara yang diharamkan, di samping perintah untuk lebih tertutup kepada perempuan dalam urusan aurat, sebagaimana firman-Nya:  

 قُلْ لِّلْمُؤْمِنِيْنَ يَغُضُّوْا مِنْ اَبْصَارِهِمْ وَيَحْفَظُوْا فُرُوْجَهُمْۗ ذٰلِكَ اَزْكٰى لَهُمْۗ اِنَّ اللّٰهَ خَبِيْرٌۢ بِمَا يَصْنَعُوْنَ. وَقُلْ لِّلْمُؤْمِنٰتِ يَغْضُضْنَ مِنْ اَبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوْجَهُنَّ وَلَا يُبْدِيْنَ زِيْنَتَهُنَّ اِلَّا مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلٰى جُيُوْبِهِنَّۖ   

“Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman, hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat. Katakanlah kepada wanita yang beriman, hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) tampak darinya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya..…” (QS al-Nur [24]:30-31).


Adapun berikut manfaat gadhul bashar atau menjaga pandangan:

  1. Menjauhkan diri dari fitnah, perbuatan hina dan hal-hal yang mendorong pada perkara haram
  2. Muncul perasaan diawasi dan takut kepada Allah SWT
  3. Menjauhkan diri dari ketergantungan terhadap sesuatu yang terlihat mata, yang dapat merendahkan martabat diri karena memenuhi keinginan nafsu dengan cara yang tidak dibenarkan oleh agama
  4. Terbebas dari perasaan dosa dan penyesalan hati di kemudian hari.
  5. Melindungi kesucian dan kehormatan diri
  6. Mampu mengendalikan nafsu dan keinginan

mungkin sekian untuk penjelasan mengenai gadhul bashar, semoga bermanfaat..

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.